Jumat, 06 Desember 2013

Perjalanan Hidup Seorang Mahasiswa Tingkat Akhir

Sebagai mahasiswa semester tujuh pantaslah gue disebut sebagai "Mahasiswa Tingkat Akhir"..
Atau sinonimnya HAMPIR BASI..
Mahasiswa yang mau gak mau harus berkutat dengan..... SKRIPSI

Yaap SKRIPSI,

Hal yang akan nganter gue mencapai gelar SARJANA EKONOMI..

Hal yang bisa bunuh gue secara perlahan. 

Hal yang memaksa gue untuk sering sering ke kampus. 

Hal yang bisa buat gue galau siang malam. 


Hal yang bisa buat gue gak napsu makan. 

Hal yang bisa buat gue lupa akan utang gue.

Hal yang bisa buat gue mimpi buruk.

Hal yang bisa merenggut jadwal mandi gue.


Hal yang bisa ngambil tawa gue.

Hal yang HOROR menurut gue..


Ngurus SKRIPSI itu ribet, seribet nyolong mangga disiang bolong..


Gimana enggak, Sebelum buat SKRIPSI kita mesti ketemu pembimbing akademik dan minta tanda tangan terus ngajuin judul dulu abis itu minta pembimbing lalu nyari pembimbing itu terus minta tanda tangan kemudian minta tanda lagi sama ketua jurusan, kemudian buat surat pra penelitian terus minta tanda tangan lagi buat pengesahan surat, abis itu keInstansi buat dapet ijin meneliti.

Syukur kalo dapet ijin, nah kalo ga dapet?? Jadinya lebih ribet lagi..

Kalo udah dapet ijin dari instansi tempat rencana meneliti, mulailah babak belur penyusunan skripsi, kemudian konsultasi kepembimbing, pembimbingnya rese dan skripsi ditolak.. Ngulang lagi nyusun skripsi dan ditolak lagi. Ngulang lagi dan ditolak lagi tapi kali ini dengan parang tertancap di kepala..
Ngulang lagi dan ditolak dengan tubuh hampir gosong akibat ledakan bazooka..

Belum lagi kalo ketemu pembimbing dengan tingkat resenya udah mendewa, kalo pengen konsultasi harus dateng subuh ato dateng abis magrib. Dan ga boleh ngetuk pintu, kita nunggu didepan pager sampe dia nongol dibalkon syukur kalo diliat kalo ga diliat yahh pulang dengan wajah suram. Pas ketemu bukannya di bimbing malah dinajisin..

That sound great and It's so KAMPRET..

Atau dapet pembimbing yang ababil, gak konsisten..
Atau dapet yang seneng kemana mana (Baca: PKK = Perempuan Kesana Kemari), bentar bentar ada di luar kota ato diluar negeri.. Kita nungguin sampai lumutan..
NGENES..

Atau yang bikin super nyesek, dapet pembimbing hobi NYACANGIN..
Belum lagi yang mata duitan, dikit dikit duit. Duit dikit dikit tapi masih dimintain..
Ada juga yang paling hobi NGAMBEK..
HOROR..

Tapi ada juga sih yang baik, bahkan ada yang like an Angel..
*Senyum jahat..

Macem macemlah cobaan yang harus kita hadepin dalam nyusun SKRIPSI, dan itu harus diterima..

GUE?? SKRIPSI gue??

SKRIPSI gue cobaannya lebih HOROR dari mahasiswa setingkat gue..

Gue ngebaca judul gue aja gue harus MIMISAN dulu..
Gue LEMAH, Gue RAPUH..
Nonton video klip JKT48 gue pake acara MIMISAN juga..

Semenjak gue menginjakkan kaki disemester tujuh, gue jadi trauma pulang kampung..
Keluarga gue lebih seneng nanyain kabar SKRIPSI gue dibanding kabar dompet gue.. 

Mama: "Ehh.. Gimana kabar SKRIPSI mu?? Kapan ujian tutup??
Gue: *Terbaring lemah dengan busa dimulut dan sekotak obat nyamuk bakar ditangan..

Ditelpon juga gitu, nanyain masih seputar SKRIPSI bukan seputar dompet..
Gue kadang nyuekin telponnya mereka..

Temen gue: "Ehh Hape kamu bunyi tuh, dari My Humz..
Gue: "Biarin aja gitu.. Jangan disentuh, jangan diangkat, jaaannggaaan disentuh, buang hape itu, tolooong gue, tolong gue, AMPUN AMPUN, cukup.. Jangan siksa akuhh seperti ini"..
Temen gue: "Kamu kenapa?? heii Siapa pun panggilin spesialis bersalin beruk dong, ada orang kesurupan nih"
NAAS.. 

Gue bahkan sempet mikir kalo gue ini bukan keturunan mereka..

JANGAN JANGAN GUE INI DITEMUKAN DIDEPAN RUMAH DENGAN TERBUNGKUS KALENDER BERGAMBAR AURA KASIH lalu diadopsi.. *Abaikan

ATAU JANGAN JANGAN GUE INI PUTRA YANG KETUKER SAMA ALDI BAKRIE DI RUMAH SAKIT. HARUSNYA GUE YANG NIKAH SAMA NIA RAMADHANI..
*Yang punya pisau dapur silahkan tikam gue..

Ga cuma sampe disitu cobaan yang gue harus hadepin, karena SKRIPSI ini gue jadinya agak sedikit parno..

Waktu itu lagi pengen makan malem bareng temen temen di salah satu warung yang menjajakan menu Ayam Crispy.

Gue coba ngeliat menu, didaftar menu yang sebelumnya bertuliskan AYAM CRISPY tiba tiba berubah jadi AYAM SKRIPSI kemudian dari dalem daftar menu keluarlah begitu banyak SKRIPSI bergambar ayam dan menampar nampar gue sampe ganteng..
KE-PARNO-AN GUE MEMBABI BUTA..

Kebanyakan nonton film HOROR kayaknya gue..

Keren kayaknya kalo tentang SKRIPSI dibuat film horor, judulnya HANTU SKRIPSI
Jadi ceritanya seorang wanita... Kenapa harus wanita?? Ceritanya si hantu skripsi ini berwujud kuntilanak..
Lanjut, jadi ceritanya seorang wanita yang meninggal karena keracunan nyusun SKRIPSI lalu dia menghantui para mahasiswa tingkat akhir untuk membantunya menyelesaikan SKRIPSInya mereka.. Nah lohh..
Ini lebih mirip jasa bantu buat SKRIPSI dibanding mirip hantu.. SESAT..

Note: Ini ga penting penting amat..

Okeh, kembali ke jalan yang benar..

Yang paling parah nih cobaan SKRIPSI gue, setiap pagi bangun tidur dan sebelum tidur kerap kali terdengar suara gaib..
Bunyi suaranya gini, "Kapan kamu selesaiin SKRIPSI kamu?? Mau jadi apa kamu kalo kelamaan kuliah??"..
Setelah gue telusuri, sara itu berasal dari hape gue. Itu suara mak gue yang rutin nelpon..


SO, walaupun gimana sadisnya, kejamnya, dan ribetnya SKRIPSI tapi ingat bahwa SKRIPSI itu adalah salah satu syarat mahasiswa untuk bisa nyelesaiin studi. Kita hanya punya dua pilihan, merdeka atau mati?? | BUKAN.. Hidup atau mati?? | BUKAN.. Sakit atau sembuh?? | SEMBUH.. Sumpah pocong?? | HEH??.. 

CUKUUUPPP.. *Urat muncul dipermukaan leher..

Hanya dua pilihan, nyusun SKRIPSI atau Drop Out. SILAHKAN MEMILIH WAHAI MAHASISWA, NASIBMU ADA DITANGAN MU BUKAN DITANGAN DIA (Nunjuk patung Liberty)..

Kalo dipikirkan secara baik baik, nyusun SKRIPSI itu punya dampak positif juga. Kita bisa belajar sabar, bisa belajar sibuk. Diluar sana (baca: Dunia kerja) akan lebih berbeda dari dunia kampus, diluar sana lebih liar, diluar sana kita akan menghadapi hari hari sibuk dengan porsi yang ga tanggung tanggung..


-Terima Kasih atas perhatiannya-

2 komentar:

Zhie Cha Smile mengatakan...

haha tulisan absurd.. gokill lebay banget pendeskripsiannya tentang skripshit. gak segitunya kali Mappa.. eh tapi sekarang saya lagi digantung sama dosbing.. hu.hu.hu udah sebulan seminar draft skripsi sy belum juga terlaksana ckckckckk.. eh kok malah curcol sihh..oke cemungudh yah skripsiannya kakak semester tua wkwkwk

Arief W.S mengatakan...

Selamat ya gan udah menempuh hidup baru dengan pasangan hidup yang namanya Skripsi, hehe :) Bagaimanapun sesuai ikrar yang kamu ucapkan ma pasangan kamu Skripsi itu, kamu harus setia ma Skripsi yang kamu bikin. Suka dan duka harus kamu lalui ma Skripsi yang kamu bikin. wkwkwkwk :D Oke deh good luck guys buat Skripsinya, dan mudah2an dapet pembimbing yang GOKIL juga biar Skripsinya beda ma yang lain :P